Sabtu, 05 November 2011

Kurban - True Meaning (?)


ALLAHU AKBAR.. ALLAHU AKBAR ..ALLAHU AKBAR…
Besok.. Hari raya idul adha.. hari raya yang katanya di sunnahkan kepada seluruh umat muslim untuk berkurban..
Berkurban yang sebagian besar orang awam sepertiku pahami adalah menyembelih sapi, menyembelih unta.. menyembelih domba.. atau hewan ternak lainnya..
Menurut yang pernah saya baca, berkurban 1 sapi itu berarti untuk 7 orang dan terhitung bersama keluarganya..
sedangkan berkurban 1 kambing itu berarti untuk 1 orang dan terhitung bersama anggota keluarganya.. nah bagaimana dengan domba.. dan bagaimana dengan unta.. atau hewan lainnya yang biasa disembelih untuk dikurbankan.. apakah hitungan unta disamakan dengan sapi itu, atau hitungan untuk domba disamakan dengan kambing itu ??.. entahlah.. mungkin harus kita tanyakan kepada mereka yang benar benar tau.. itu jika kita memang benar benar ingin tau.. :)
Katanya berkurban itu mengajarkan syukur.. mengajarkan kesabaran.. berkurban itu mengajarkan kebersamaan.. mengajarkan bagaimana itu berbagi.. berkurban itu sebenarnya mengajarkan banyak hal kebaikan, hanya saja .. sekarang ini , yah mungkin baru sekarang ini aku tersadar bahwa karena “tradisi” berkurban ini lah.. banyak orang yang justru menjadi tidak sabaran, banyak orang yang justru lebih memikirkan diri sendiri.. dan banyak orang yang menjadi serakah… *efek berita menjelang idul adha
Sangat miris .. semoga kita tidak termasuk dari golongan golongan itu..

ALLAHU AKBAR.. ALLAHU AKBAR ..ALLAHU AKBAR…
Setidaknya satu hal yang aku sangat syukuri dengan adanya hari raya kurban ini,   sedikit mengesampingkan semua berita berita miris itu., sedikit mengesampingkan orang orang yang agaknya kurang “beruntung” diluar sana…  aku .. dengan sedikit egois, benar benar merasakan senang yang luar biasa..
Hari ini kami sekeluarga masih diberi kesempatan untuk berkumpul bersama… lengkap, belum berkurang seseorang pun,, Alhamdulillah ya Rabb
Bapak ku yang seperti kawan baik buat ku.. selalu terlihat senang walaupun sebenarnya aku tahu .. ( dulu ) kadang kala dia harus berfikir keras memikirkan kami keluarganya.. beliaulah sosok yang selalu mengajarkanku tentang bagaiman rasa syukur itu.. pelajaran yang sampai saat ini masih harus ku pelajari…
Mama ku.. benar benar ibu terbaik untuk ku dan untuk adik adikku.. ibu tersabar yang pernah aku temui.. yang selalu terlihat tegar.. selalu terlihat baik baik saja.. walaupun sebenarnya aku tahu.. dibalik ketegaran itu.. ( dulu ) ada tangis yang selalu ia sembunyikan.. tangis yang tak ingin ia perlihatkan kepada kami belahan jiwanya.. semata mata agar kami tetap merasa semua nya baik baik saja… beliaulah sosok yang mengajarkanku tentang bagimana sabar itu.. pelajaran yang sampai hari ini masih harus aku pelajari…
Ke 3 Adikku.. Adik adik termanis yang aku miliki… adik adikku yang selalu terilhat patuh kepada aku kakaknya.. walaupun kadang aku tau tiap tiap mereka pernah merasa dongkol.. merasa tidak harus meng-amin-i setiap hal yang aku perbuat.. hanya saja mereka tetap berlaku manis dihadapanku.. mungkin untuk menyenangkanku.. yah ke tiga sosok yang mengajarkanku untuk harus berfikir lebih “bijak”.. mengajarkanku untuk menjadi “orang tua” sebelum waktunya (aku sangat berterimakasih untuk yang satu ini ) … selain itu.. mereka juga mengajarkanku tentang apa itu berbagi.. apa itu kebersamaan… dan aku tetap harus masih belajar untuk semua hal itu…

ALLAHU AKBAR.. ALLAHU AKBAR ..ALLAHU AKBAR…
Sedikit bergeser dari pegertian kurban yang aku fahami sebagai seorang yang awam..
Entah apa yang pernah aku kurbankan.. yang jelas aku belum pernah mengurbankan seekor sapi pun.. yang jelas bukan seekor unta.. bukan kambing.. dan bukan hewan ternak lainnya..
Namun syukur ku panjatkan Ya Rabb.. karena sebagian pelajaran dari “berkurban” itu aku bisa dapatkan dari keluarga kecilku.. dari bapak ku.. dari mama ku.. dan dari adik adikku…
Hanya saja masih harus aku pelajari.. :)
Alhamdulillahirabbilaalamin..
 
*Sebenarnya apa berkurban itu… ????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar